Senin, 07 Desember 2015

Kelebihan dan kekurangan OLX.co.id



UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA
Jl. Letjen TB. Simatupang No 152 Tanjung Barat Jakarta Selatan
Telp : (021)7890634-7890965, Fax.7890966


Nama  : Andiani
NPM   : 13320038
Prodi   : Akuntansi S1 Pagi


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OLX


Kelebihan beriklan di OLX

·         Iklan cepat direspon pembeli
Salah satu kelebihan atau keunggulan yang diberikan situs OLX adalah respon cepat dari pembeli . Setelah iklan kita diterima oleh pengelola situs atau setelah melewati moderasi, tak perlu menunggu lama ponsel kita akan berdering. Pembeli yang sejatinya “potensial” ini langsung menanyakan ketersediaan produk begitu juga dengan lokasi penjual. Kelebihan inilah yang tidak dimiliki situs jual beli listing lainnya sehingga olx menjadi idaman para online shop .

·         Tidak perlu sundul
Dibandingkan dengan forum jual beli seperti fjb kaskus atau fjb lainnya, olx tidak  perlu melakukan pos pada iklan tersebut agar iklan naik ke posisi teratas. Fitur iklan terkait dalam satu wilayah menguntungkan penjual yang memiliki iklan tayang kemarin. Meskipun iklan sudah diposisi bawah, manakala ada iklan sejenis yang baru diposting, otomatis iklan kita akan terlihat juga pada menu iklan terkait.

·         OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.


Sedangkan untuk kekurangan beriklan di OLX :

·         Pembeli  kurang edukasi
Mungkin untuk online shop yang memiliki stok sendiri di rumah tak perlu khawatir manakala pembeli dari olx tanya lokasi dimana. Nah, yang jadi masalah adalah bagi dropshipper. Meskipun beberapa pembeli yang menanyakan lokasi penjual bisa digiring menjadi konsumen online, namun mereka kurang mengetahui hakikat jual beli online dengan metode transaksi transfer bank.

Permasalahan seperti pembeli tidak punya rekening, tidak tahu cara transfer, tidak punya atm seringkali menjadi tameng alasan pembeli untuk mengurungkan niatnya membeli barang secara online. Kenyataan yang ada, situs OLX yang sejatinya untuk beriklan barang bekas justru digunakan untuk menjual barang baru dan umumnya penjual tersebut tidak menerima opsi ketemuan atau CoD.

·         Harga dibanding-bandingkan
Namanya juga gratisan, tentu ada kelemahan yang harus diterima. Namun, paling menyebalkan apabila harga dibanding-bandingkan dengan penjual lain. Fitur iklan terkait pada OLX  memang bermanfaat, namun apabila harga yang ada terjadi selisih tinggi antara penjual satu dengan yang lainnya tentu penjual dengan harga terendah yang akan banyak dilihat.

·         Masa tayang iklan terbatas
Normalnya, iklan di olx hanya bertahan selama 7 hari. Setelah itu, iklan kita akan dinonaktifkan meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun hanya akan bertahan dalam beberapa hari saja. Maksimal satu bulan tayang .

·         Iklan terbatas
Setiap pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua. Apabila kita punya 15 produk utama yang mau dipasarkan, otomatis hanya 10 buah saja yang bisa diiklankan. Meskipun kita bisa mengakali dengan menambah jumlah pengguna, tapi mereka pengelola situs mengetahui bahwa ID pengguna itu milik kita sebelumnya sehingga meskipun ada 10 pengguna yang kita miliki, jatah iklan tetap 10. Berarti dengan 10 ID pengguna hanya 1 iklan saja per ID yang bisa digunakan.

·         Konsumen suka menelpon
Konsumen dari OLX lebih menyukai menghubungi penjual dengan cara menelpon. Memang terkesan biasa saja atau tidak ada masalah, namun bagi sebagian online shop tata cara menelpon pembeli dari OLX ini kurang sopan dan mengganggu. Otomatis kalau via telepon, kita tidak bisa mengakali konsumen ini untuk menggunakan transaksi transfer bank sebagaimana transaksi jual beli online yang sesungguhnya.

·         Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.

Itulah kelebihan dan kekurangan beriklan di OLX, bagi sebagian orang OLX jauh lebih familiar ketimbang situs jual beli lainnya. Namun, hakikatnya beriklan di OLX sama saja dengan pedagang asongan yang suatu saat akan terkena resiko penggusuran. Penggusuran disini bermakna iklan tidak ditampilkan oleh pengelola situs ataupun iklan menghilang. Sebaik-baiknya beriklan atau pemasaran produk secara online adalah dengan membuat toko online sendiri. 


1 komentar: